AC Mobil Anda Rusak? Waspadalah terhadap Kebocoran Kondensor pada AC Mobil!



AC sudah menjadi kebutuhan utama tersendiri bagi sebagian besar orang terutama AC mobil. Udara lingkungan yang panas terutama disiang hari menjadikan AC sebagai komponen penting dalam mobil. Tanpa AC, tidak ada pengendara mobil yang akan betah berada lebih lama didalamnya. Nah, apabila mobil Anda telah dilengkapi dengan AC, jangan lantas langsung abai terhadap perawatannya. Sama halnya AC di dalam ruangan rumah, AC mobil juga harus rutin diganti freon dan mesin-mesin pendukung lainnya. Salah satunya kondensor.

Peran Kondensor AC Mobil


Kondensor merupakan salah satu komponen penyusun AC yang berfungsi untuk menurunkan suhu refrigerant gas. Selain itu, kondensor juga memiliki peran penting untuk proses kondensasi. Masalahnya, berhati-hati terhadap kebocoran kondensor pada AC mobil Anda!
Masalah kebocoran kondensor pada AC mobil merupakan hal yang biasa terjadi namun patut diwaspadai. Mengapa? Hal ini penting karena kerja kondensor sangan berhubungan dengan kinerja freon. Apabila kondensor bocor, maka kinerja freon dan proses pendinginan dalam mobil akan terganggu seperti pengurangan jumlah freon. Lama-kelamaan, AC mobil akan mengalami kerusakan bahkan mati.

Penyebab Kerusakan Kondensor pada AC Mobil


Masalahnya, apa penyebab kebocoran kondensor pada AC mobil? Ada dua penyebab yang mendasarinya, yaitu faktor usia dan juga faktor trauma.

1. Faktor Usia Kondensor

Ketahuilah jika kondensor memang memiliki masa guna yang cukup lama, bahkan bisa mencapai 200.000 km penggunaan. Namun, jangan lantas abai terhadap hal ini? Kondensor memiliki umur yang berbeda untuk tiap jenis mobil. Maka, supaya tidak terjadi kerusakan AC mobil yang lebih parah, konsultasikan pada bengkel mobil terpercaya. Apakah kondisi kondensor pada mobilmu saat ini sudah waktunya ganti atau belum. Usia kondensor yang sudah tua, akan rentan mengalami kebocoran karena permukaannya yang mulai berkarat dan keropos. Jadi, usahakan untuk lebih rajin service AC mobilmu ya!

2. Faktor Trauma Mobil

Selain disebabkan oleh masalah usia kondensor, faktor trauma juga berpengaruh terhadap kebocoran kondensor pada AC mobil. Trauma ini maksudnya berupa kecelakaan yang pernah terjadi oleh mobil tersebut berupa benturan yang keras sehingga menyebabkan kondensor keropos bahkan pecah.
Untuk menghindari kedua faktor di atas, lakukan pemeriksaan kondensor pada AC mobil Anda secara berkala. Tentunya dengan membawanya ke bengkel khusus AC mobil terpercaya. Sebagai rekomendasi, bawalah mobil Anda ke bengkel AC mobil GreenOto. Pengalamannya yang telah lebih dari 10 tahun telah berhasil menyelesaikan berbagai masalah pada AC mobil customer sekaligus mendapatkan feedback positif.

AC Mobil Anda Rusak? Waspadalah terhadap Kebocoran Kondensor pada AC Mobil! AC Mobil Anda Rusak? Waspadalah terhadap Kebocoran Kondensor pada AC Mobil! Reviewed by Erlin Aprilia on 7:12:00 AM Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.