Cara Memperbaiki Evaporator AC Mobil Bocor


Salah satu kenyamanan berkendara diberikan ketika mobil Anda dilengkapi dengan AC. AC ini memiliki fungsi penting untuk memberikan hawa sejuk ketika udara dalam kabin terasa sangat panas lantaran cuaca yang terik. Begitupula ketika udara dalam kabin terasa apek dan lembab, hembusan udara dari AC mobil akan memberikan sensasi kesegaran tersendiri yang dinanti oleh penumpang. Sama halnya dengan AC yang ada di perumahan, AC mobil juga dilengkapi beberapa komponen penting seperti evaporator. Evaporator berfungsi untuk mengeluarkan udara dingin. Letaknya ada didalam kabin tepatnya belakang dashboard mobil.
Berbicara mengenai evaporator, pernahkah Anda mengalami keluhan seperti AC yang kurang dingin di siang hari? Atau saat macet perjalanan, udara dalam kabin terasa sangat panas? Jika iya, pastikan Anda paham betul dan teliti dalam menentukan kira-kira komponen AC mana yang mengalami kerusakan. Bisa jadi, evaporator AC mobil bocor dan harus diperbaiki.

Penyebab Evaporator AC Mobil Bocor

Evaporator AC mobil bocor disebabkan oleh berbagai hal. Diantaranya kurangnya perawatan yang dilakukan oleh pemilik mobil sehingga evaporator menjadi kotor berdebu bahkan penuh lendir. Keadaan tersebut bisa memicu terjadinya korosi. Penyebab lainnya bisa jadi karena tekanan freon yang berlebihan, sistem freon yang mampet, atau karena memang usia pemakaian yang memang sudah waktunya diganti.

Cara Mengetahui Kebocoran Evaporator AC Mobil


Untuk memastikan kerusakan AC mobil karena evaporator AC mobil bocor, lakukan hal berikut. Pertama, bongkarlah evaporator dan berikan tekanan udara sambil direndam kedalam bak air. Apabila terjadi kebocoran, maka akan timbul gelembung-gelembung udara. Prinsipnya sama ketika Anda ingin mengetahui kebocoran pada ban mobil atau motor.

Cara Memperbaiki Evaporator AC Mobil Bocor


Lalu, bagaimana solusinya ketika evaporator AC mobil bocor? Jangan panik, serahkan masalah tersebut pada ahlinya yaitu bengkel GreenOto. Ketahuilah, ada dua solusi yang bisa dilakukan ketika menghadapi masalah ini. Pertama, melakukan penggantian dengan spare part evaporator yang baru, kedua dengan mengelas evaporator tersebut.

Nah, untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menggati evaporator Anda yang telah rusak tersebut dengan yang baru. Pada dasarnya, evaporator AC mobil bocor karena terjadi korosi. Sehingga, apabila pilihan perbaikan yang Anda lakukan berupa las, hasilnya dipastikan tidak akan awet. Malah akan merembet pada titik-titik lain disekitarnya. Misalnya terjadi kebocoran di titik A, apabila sudah di las, pada hari selanjutnya akan terjadi lagi kebocoran pada titik lainnya ke titik B, C, dan lainya.


Cara Memperbaiki Evaporator AC Mobil Bocor Cara Memperbaiki Evaporator AC Mobil Bocor Reviewed by Erlin Aprilia on 10:03:00 PM Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.