Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Bermasalah



Memiliki kendaraan mobil memang harus selalu rutin untuk melakukan perawatan. Salah satunya perawatan AC mobil. Tujuannya tidak lain untuk menghindari kerusakan karena biaya perbaikannya tentu lebih mahal ketimbang biaya perawatan. Kompresor AC adalah salah satu komponen AC yang rawan mengalami kerusakan. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Perlu Anda tahu, setiap kerusakan pada kompresor AC ini memiliki langkah perbaikan yang berbeda-beda. Maka, sebelum memperbaiki kompresor AC mobil yang bermasalah,kenali dulu masalah apa yang dialami oleh kompresor AC mobil Anda!

Kompresor AC Mobil Macet

Apabila kompresor AC mobil Anda mengalami kemacetan dan rusak maka langkah perbaikannya dapat dilakukan dengan membongkar terlebih dulu kompresor tersebut kemudian dibersihkan dengan antikarat. Ketahuilah, kompresor yang macet dan rusak biasanya disebabkan oleh karat yang ada pada shaft kompresor dengan bagian bearing bambu. Memang untuk langkah cepatnya kompresor AC tersebut bisa diganti dengan yang baru. Namun, Anda tak perlu menggantinya karena karat bisa dibersihkan.
Setelah dibersihkan, amplaslah kompresor AC mobil Anda dengan amplas dan ganti oli kompresor tersebut dengan yang baru. Pastikan pula Anda perhatikan komponen kompresor lainnya tidak mengalami cacat. Jika hal itu terjadi, maka tidak ada pilihan lain selain mengganti seluruh bagian kompresor dengan yang baru.

Kompresor AC Mobil Berisik atau Ngorok

Untuk kasus kompresor AC mobil Anda yang ngorok, maka cara perbaikannya harus lebih jeli terhadap sumber bunyinya. Ada beberapa hal penyebab kompresor AC Anda ngorok.

1. Perhatikan Oli Kompresornya

Oli kompresor memiliki fungsi sebagai pelumas sehingga mencegah kompresor cepat panas serta mengurangi gesekan. Apabila terjadi bunyi ngorok, bisa jadi karena ada kesalahan saat pengisian oli pelumas sehingga terjadi kebocoran.

2. Periksa Piston


Kerusakan kompresor AC bisa juga terjadi karena komponen pistonnya telah aus sehingga kompresor tersebut harus diganti dengan yang baru. Piston yang aus biasanya karena telah berumur tua sehingga menimbulkan suara berisik.

3. Periksa Thrust Bearing


Pastikan pula thrust bearing kompresor Anda sudah kencang. Ketahuilah, usai kompresor dibongkar, tak jarang pemasangan thrust bearing menjadi longgar sehingga terdengar bunyi berisik pada kompresor AC Anda.

Itulah beberapa langkah memperbaiki kompresor AC mobil Anda yang terdengar suara berisik. Ketahuilah dengan pasti penyebabnya sehingga cara perbaikannya tidak salah sasaran. Untuk hasil lebih jelas, bawalah kendaraan mobil Anda ke tempat service AC mobil yang telah berpengalaman seperti GreenOto. Pelayanannya sangat memuaskan dan banyak mendapatkan feed back positif dari pelanggan.

Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Bermasalah Cara Memperbaiki Kompresor AC Mobil yang Bermasalah Reviewed by Erlin Aprilia on 6:33:00 AM Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.