Deteksi Lebih Dini Kerusakan Kompresor AC Mobil Anda dengan Lakukan Cara Berikut!





Memiliki mobil bukan sekedar hanya bersenang-senang untuk mengendarainya saja. Tapi, juga harus rajin untuk merawatnya. Mulai dari bagian mobil yang terlihat, sampai detail bagian dalam mobil. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa membawanya ke tempat service mobil terpercaya. AC merupakan salah satu bagian mobil yang perawatannya jangan sampai diabaikan. Paling tidak satu bulan sekali harus dicek supaya udara dingin yang dihasilkan bisa tetap menyejukkan penumpang. Bagaimana cara mengetahui kondisi AC mobil mengalami kerusakan atau tidak? Berikut ini akan diulas bagaimana cara mendeteksi kerusakan kompresor AC mobil Anda.

Cara Mengetahui Kerusakan Kompresor AC Mobil


AC mobil merupakan bagian mobil yang harus ada dan dalam keadaan normal ketika tengah melakukan perjalanan jauh. Jika tidak, udara dalam mobil akan terasa panas dan membuat tidak nyaman para penumpang. Nah, jika kondisi AC mobil Anda mulai tidak normal, pastikan untuk mengecek kompresornya. Ya, bisa dibilang kompresor merupakan jantung dari sistem AC. Jika kompresor sudah tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka bisa dipastikan suhu mobil sudah tidak dingin lagi.

1. Perhatikan Suara yang Dihasilkan Kompresor

Salah satu cara menghindari kerusakan AC mobil Anda adalah dengan memerhatikan bagaimana suara kompresor yang dihasilkan. Apabila suara kompresor keras atau ngorok, maka sudah dipastikan AC mobil mengalami masalah. Jika sudah demikian, segeralah untuk memperbaiki kompresor Anda. Janganlah tunda lebih lama karena bisa merembet ke komponen lain dan kerusakan kompresor AC mobil Anda jadi lebih parah!

2. Perhatikan Bagaimana Aliran Angin pada AC Mobil

Aliran angin pada AC merupakan salah satu tindakan lebih dini yang harus diperhatikan sebelum melakukan service AC. Rasakan perbedaan aliran anginnya baik saat idle maupun ketika sudah jalan. Apabila saat kondisi idle udara AC terasa kurang dingin ketimbang saat mobil sudah melaju, maka ada kerusakan kompresor AC mobil Anda. Jika sudah demikian, segera lakukan perbaikan supaya tidak merembet kemana-mana.

3. Perhatikan Adakah Rembesan Oli di Sekitar Kompresor

Ada dua kebocoran yang rawan terjadi pada AC mobil Anda. Perrtama kebocoran pada kompresor dan kedua kebocoran pada freon. Waspadalah ketika sudah ada rembesan oli di sekitar kompresor maka artinya terjadi kebocoran pada kompresor dan segera lakukan tindakan. Begipula pada kebocoran freon. Apabila saat dikucui air sabun pada titik-titik yang dicurigai terjadi kebocoran pada AC kemudian muncul gelembung udara, maka freon dalam keadaan bocor.

Itulah cara mengetahui ada tidaknya kerusakan kompresor AC mobil Anda. Yuk lebih peduli dan rawat segala kerusakan AC mobil di bengkel Greenoto! Pelayannya berkualitas, harga pas!


Deteksi Lebih Dini Kerusakan Kompresor AC Mobil Anda dengan Lakukan Cara Berikut! Deteksi Lebih Dini Kerusakan Kompresor AC Mobil Anda dengan Lakukan Cara Berikut! Reviewed by Erlin Aprilia on 4:43:00 PM Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.