Hindari Dua Kesalahan Saat Menghidupkan AC Mobil Berikut Supaya Lebih Awet



Berkendara akan terasa nyaman ketika mobil Anda dilengkapi dengan fitur Air Conditioner atau SC sehingga perjalanan yang terik tetap terasa sejuk. Apalagi di kota-kota besar yang terkenal dengan suasana panas dan bising. Adanya AC akan membantu pengendara dan penumpang lainnya terasa dingin. Proses penggunaannya pun cukup mudah. Cukup memutar tombol on pada AC maka akan otomatis menyala dan menghembuskan udara dingin. Masalahnya, tidak semua orang paham betul dengan cara menghidupkan AC mobil yang benar sehingga seringkali kerusakan terjadi akibat pemakaian yang salah. Bukan hanya kerusakan pada piranti AC, bahkan kesehatan bisa terganggu lho. Supaya hal itu tidak terjadi pada Anda, simak dua kesalahan saat menghidupkan AC mobil berikut ini!

1. Menghidupkan AC Saat Mobil Telah Berjalan


Kesalahan saat menghidupkan AC mobil pertama yang sering dilakukan beberapa orang adalah menghidupkan AC ketika putaran mesin atau PRM sudah tinggi. Padahal, cara tersebut bukannya menghemat pemakaian malah akan memicu kerusakan pada AC mobil.
Bagaimana bisa demikian? Ketahuilah, saat mobil telah mekau dan menempu RPM tinggi, maka tingkat kecepata pulley juga akan tinggi. Pulley adalah komponen yang selalu memutar ketika mesin aktif. Di sisi lain, AC akan mulai bekerja ketika kompesor memberikan tekanan tinggi ke freon. Sedangkan kompresor akan mulai bekerja ketika pressure plate atau lempengan yang bertugas untuk memantik tekanan mulai bekerja. Padahal, pressure plate ini mulai bekerja ketika ditempelkan ke pulley yaitu saat pengendara pertama kali menyalakan AC  atau memutar tombol AC. Nah, ketika Anda baru menyalakan AC ketika mobil sudah melaju, otomatis putaran pulley juga telah tinggi. Akibatnya, sudah dipastikan akan ada gesekan hebat antara pressure plate dengan pulley.
Sudah tahu bukan dampaknya apabila kebiasaan tersebut berlangsung berulang kali? Yang pasti kedua mesin yang bergesekan tersebut akan mudah aus dan bisa merembet pada kerusakan komponen lainnya.

2. Membuang Udara di Mobil


Inilah kesalahan saat menghidupkan AC mobil yang sebenarnya sudah diketahui oleh masyarakat namun tetap saja dilakukan yaitu membuang udara saat di mobil. Atau lebih tepatnya membuka kaca jendela saat AC mobil dalam kondisi menyala. Sehingga, kabin akan menerima panas tambahan dari luar. Padahal, untuk mendinginkan udara kabin yang panas tanpa jendela yang terbuka saja sudah membutuhkan tenaga yang ekstra, apabila jika dibuka.

Itulah dua kesalahan saat menghidupkan AC mobil yang patut dihindari supaya mesin-mesinnya tetap awet. Pastikan untuk lebih rajin melakukan perawatan AC mobil di bengkel AC terdekat ya! Salah satunya GreenOto, bengkel khusus AC mobil.

Hindari Dua Kesalahan Saat Menghidupkan AC Mobil Berikut Supaya Lebih Awet Hindari Dua Kesalahan Saat Menghidupkan AC Mobil  Berikut Supaya Lebih Awet Reviewed by Erlin Aprilia on 10:07:00 PM Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.