Inilah Cara Ampuh Atasi Masalah Kerusakan Kompresor AC Mobil Anda!




Mobil merupakan kendaraan pilihan ketika hendak melakukan perjalanan jauh bersama keluarga.  Apalagi jika mobil tersebut dilengkapi dengan fitur lengkap seperti kabin yang luas, kursi yang nyaman, dan full AC tentunya. Masalahnya, tidak semua pengguna mobil menyadari pentingnya merawat mobil terutama kondisi AC. Sehingga, sewaktu-waktu baru tahu kalau suhu dalam mobil sudah tidak lagi dingin. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah kerusakan AC mobil? Salah satunya dengan membawa ke tempat service AC mobil ketika udara dari AC sudah tidak sejuk lagi. Berikut cara mengatasi masalah AC terutama yang diakibatkan oleh kerusakan kompresor AC mobil.

1. Bongkar AC Mobil Anda


Jika Anda mendengar suara keras dari mesin AC mobil maupun udara yang sudah tidak lagi dingin, maka sudah dipastikan kondisi kompresor AC mengalami kerusakan. Lalu, cara memperbaikinya dengan membongkar AC mobil tersebut. Kemudian, periksa bagian magnetic clutch-nya. Ketahuilah apabila magnetic clutch rusak, maka putaran kompresor tidak akan stabil. Cek kondisi magnetic clutch dengan cara menempelkan pada kabel berarus 12 volt. Ketika center piece tidak bergerak, berarti kondisi magnetic clutch memang harus diganti dengan yang baru.

2. Ganti Komponen Kompresor

Apabila kondisi kompresor sudah sangat parah alias ngorok, jangan tunda lagi untuk membongkarnya. Biasanya, asal bunyi yang kasar tersebut berasal dari kebocoran oli. Fungsi oli adalah pelumas. Jadi, apabila jumlah oli dalam kompresor kurang akan menyebabkan gesekan kasar dan menimbulkan suara ‘ngorok’. Bisa juga diakibatkan oleh sil yang mengeras. Maka, pastikan untuk mengganti sil dengan yang baru dan oli yang cukup. Jika kompresor sudah terpasang, dijamin suara ngorok tidak akan terdengar.

3. Membersihkan Komponen Kompresor

Suara ‘ngorok’ pada AC mobil memang mengganggu dan dipastikan terjadi kerusakan kompresor AC mobil Anda. Salah satu cara mengatasinya dengan membersihkan tiap komponen pada kompresor. Asal bunyi keras bisa berasal dari bearing bambu yang telah berkarat. Karat inilah yang menyebabkan kompresor tidak berputar sebagaimana mestinya. Cara memperbaikinya, bersihkan bearing bambu dengan menyemprotkan cairan antikarat. Kemudian, amplas dengan jenis amplas halus (100). Baru masukkan oli kompresornya.

4. Ganti Kompresor AC Mobil


Apabila cara-cara mengatasi kerusakan kompresor AC mobil di atas tidak juga memberikan performa yang baik, langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengganti kompresor AC mobil dengan yang baru.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki kerusakan kompresor AC mobil Anda. Apabila tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa percayakan pada bengkel GreenOto. Pelayanan dan hasil kerjanya berkualitas!


Inilah Cara Ampuh Atasi Masalah Kerusakan Kompresor AC Mobil Anda! Inilah Cara Ampuh Atasi Masalah Kerusakan Kompresor AC Mobil Anda! Reviewed by Erlin Aprilia on 9:10:00 PM Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.