Kenali Penyebab Kerusakan pada Kompresor AC Mobil Anda



Pernahkah Anda mendengar suara berisik pada mesin AC mobil Anda? Jika iya, waspadalah! Bisa jadi kompresor AC mobil Anda bermasalah. Kompresor adalah salah satu komponen AC mobil yang harganya terbilang mahal. Jadi, pastikan Anda lebih hati-hati saat menggunakan AC mobil untuk menghindari kerusakan. Berikut ini adalah masalah-masalah yang umum terjadi dan menyebabkan kerusakan pada kompresor AC mobil Anda.

1. Fan Mati


Salah satu penyebab kerusakan pada kompresor AC mobil bisa jadi karena fan AC yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya seperti mati atau lemah.  Kondisi ini tentu akan membuat tekanan pada freon meningkat alias overheat. Otomatis, kompresor akan menjadi ikut panas dan memicu kerusakan seperti bunyi kasar atau bocor. Jadi, ketika terjadi sesuatu yang tidak wajar pada mesin AC mobil Anda, segera bawa ke bengkel AC untuk dilakukan langkah perbaikan.

2. Jumlah Freon Terlalu Sedikit


Freon adalah salah satu komponen penting dalam AC yang berfungsi untuk mendinginkan kabin. Apabila terjadi kebocoran pada freon maka jumlahnya akan berkurang. Akibatnya, level freon menjadi rendah. Kondisi ini memicu kompresor bekerja lebih keras untuk memompa freon ke seluruh sistem. Akhirnya, kompresor mengalami ketegangan dan semakin lama akan buruk.

3. Freon yang Terlalu Banyak

Freon ini memang memiliki peran penting bagi keberlangsungan fungsi AC yaitu memberikan suhu dingin pada kabin. Namun, pastikan saat pengisian freon tidak berlebihan. Perlu diketahui, jumlah freon yang terlalu banyak malah akan mengganggu fungsi kerja AC. Misalnya kompresor yang jadi mati karena pengisian freon yang salah.
Untuk menghindari kerusakan pada kompresor AC mobil akibat pengisian freon yang salah ini sebaiknya pilihlah jasa service AC yang telah berpengalaman. Sehingga, hasilnya bisa maksimal dan tidak menimbulkan kerusakan pada bagian lain.

4. Kebuntuan atau Mampet

Penyebab lain dari kerusakan pada kompresor AC mobil adalah aliran sirkulasi sistem yang buntu. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk membersihkan sirkulasinya supaya tidak mampet. Aliran sirkulasi yang buntu bisa menyebabkan kompresor terus bekerja dan jebol.

5. Oli Pelumas Tidak Cukup


Oli dalam mesin AC ini sangat penting peranannya sebagai pelumas komponen disekitarnya. Apabila jumlah oli tidak cukup maka sistem akan bekerja tidak benar. Berbagai masalah bisa saja timbul salah satunya kerusakan pada kompresor AC mobil. Maka, disarankan untuk mengecek level oli secara rutin dan berkala.

Nah, itulah beberapa penyebab yang mungkin terjadi apabila kompresor AC mobil Anda bermasalah. Apabila tidak bisa memperbaikinya sendiri, pastikan untuk membawa mobil Anda ke bengkel service GreenOto ya!

Kenali Penyebab Kerusakan pada Kompresor AC Mobil Anda Kenali Penyebab Kerusakan pada Kompresor AC Mobil Anda Reviewed by Erlin Aprilia on 6:47:00 AM Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.