Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet



Memiliki kendaraan mobil juga harus peduli terhadap perawatannya. Salah satunya dengan merawat AC mobil agar tetap dingin. AC adalah fitur penting dalam mobil yang berfungsi untuk mengaliri udara sejuk supaya penumpang tidak merasa kepanasan. Tanpa AC, perjalanan panjang di siang hari dan macet akan menimbulkan ketidaknyamanan. Tak heran, saat mengendarai mobil, AC selalu dalam kondisi on. Sama halnya dengan peralatan elektronik lainnya, semakin sering digunakan, mesinnya akan lebih cepat aus. Begitupula yang terjadi pada mesin AC mobil. Untuk menghindarinya, perhatikaan tips perawatan AC mobil berikut ini!
1. Jaga Kebersihan Karpet Mobil
AC yang cepat rusak bisa jadi karena kerjanya dipaksa keras. Salah satunya untuk menyaring kotoran dan debu yang tidak sengaja masuk ke area kabin. Biasanya, kotoran atau debu ini masuk melewati alas kaki dan tertempel di karpet atau alas mobil. Sehingga, AC bekerja lebih keras untuk menyaring udara sekitar supaya tidak kotor. Untuk mengatasinya, jagalah kebersihan karpet mobil dengan mencucinya secara berkala.
2. Bersihkan Kondensor AC
Tips merawat AC mobil agar tetap dingin lainnya dengan membersihkan kondensor AC secara berkala. Cara ini bisa Anda lakukan sekaligus ketika tengah mencuci mobil. Bukalah bagian kap mesin dan semprotkan air pada bagian kondensor AC secara kencang. Dengan demikian, kotoran dan debu yang menempel akan hilang. Perlu diketahui, kotoran yang dibiarkan mengeras pada kondensor akan memicu korosi dan akhirnya kebocoran.
3. Tempat Parkir yang Teduh

Tips merawat AC mobil agar tetap dingin selanjutnya adalah dengan memilih tempat parkir yang teduh apabila ditinggalkan dalam waktu yang lama. Tujuannya tidak lain untuk meringankan beban pendinginan pada AC. Apabila ruang dalam mobil cukup panas, maka proses pendinginan AC juga membutuhkan waktu yang lama pula. Begitupula sebaliknya.
4. Matikan AC Saat Perjalanan Jauh

Ketika Anda menempuh perjalanan cukup jauh, pastikan untuk mematikan AC selama beberapa saat lalu hidupkan kembali. Hal ini untuk menghindari pembekuan saluran pada AC dan mengistirahatkannya sementara waktu.
5. Menghidupkan Extrafan Kipas
Saat AC mobil dalam keadaan menyala, pastikan extrafan kipas juga dalam keadaan hidup. Jika masih mati, akan beresiko merusak kompresor AC bahkan selang kompresor bisa berpotensi meledak.
6. Hindari Merokok dalam Kabin
Ketika berada dalam mobil dan AC hidup, janganlah sekali-kali berniat untuk merokok. Hal ini karena asap rokok tersebut bisa mengotori evaporator. Apalagi nikotinnya yang berbau tak sedap dan berlendir.

Nah, itulah beberapa tips merawat AC mobil agar tetap dingin yang harus Anda terapkan supaya usia AC tetap awet.

Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet Reviewed by Erlin Aprilia on 7:00:00 AM Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.